Eka Setiawati, 1113031025 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NEGARA BATIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (356Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NEGARA BATIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh EKA SETIAWATI Melihat hasil belajar yang belum optimal, maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe PBL jika dikaitkan kemampuan berpikir kreatif. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Negara Batin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukaan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran GI dan tipe PBL; (2) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan tipe PBL; (3) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih rendah dibandingkan dengan tipe PBL; (4) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : GI, hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif , PBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2962970 . Digilib |
Date Deposited: | 22 May 2015 07:28 |
Terakhir diubah: | 22 May 2015 07:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10008 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |