STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NEGARA BATIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Eka Setiawati, 1113031025 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NEGARA BATIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NEGARA BATIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh EKA SETIAWATI Melihat hasil belajar yang belum optimal, maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan tipe PBL jika dikaitkan kemampuan berpikir kreatif. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Negara Batin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukaan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran GI dan tipe PBL; (2) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan tipe PBL; (3) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih rendah dibandingkan dengan tipe PBL; (4) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : GI, hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif , PBL

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 2962970 . Digilib
Date Deposited: 22 May 2015 07:28
Last Modified: 22 May 2015 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item