Djimo, DALIMAN (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII-B SMP PGRI 4 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (259Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (291Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (191Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (392Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1909Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca teks berita siswa SMP PGRI 4 Labuhan Ratu, Lampung Timur. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara penggunaan teknik pemodelan guna meningkatkan kemampuan membaca teks berita. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca teks berita melalui teknik pemodelan, khususnya siswa kelas VIII-B SMP PGRI 4, Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan ; (2) tindakan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-B SMP PGRI 4, Lampung Timur tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 32 siswa, terdiri atas 17 laki-laki dan 15 perempuan. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan penggunaan teknik pemodelan kemampuan membaca teks berita pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 64,58 atau meningkat sebesar 10%, sedangkan siswa yang tuntas 21 dari 32 siswa atau 65%. Selanjutnya kemampuan membaca teks berita pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,39 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 20% dengan ketuntasan klasikal 27 siswa atau sebesar 85%. Melihat data dan kompetensi yang diperoleh siswa dalam pembelajaran teks berita, keberhasilan telah mencapain indikator yang ditargetkan yaitu 85% siswa dengan telah memperoleh KKM yaitu 65,00, sehingga tindakan dilaksanakan hanya sampai pada siklus II dan tidak dilanjutkan pada siklus-siklus berikutnya. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan membaca teks berita.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 03:56 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 03:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1004 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |