PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII-B SMP PGRI 4 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Djimo, DALIMAN (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII-B SMP PGRI 4 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (291Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (191Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (392Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1909Kb)

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca teks berita siswa SMP PGRI 4 Labuhan Ratu, Lampung Timur. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara penggunaan teknik pemodelan guna meningkatkan kemampuan membaca teks berita. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca teks berita melalui teknik pemodelan, khususnya siswa kelas VIII-B SMP PGRI 4, Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan ; (2) tindakan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-B SMP PGRI 4, Lampung Timur tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 32 siswa, terdiri atas 17 laki-laki dan 15 perempuan. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan penggunaan teknik pemodelan kemampuan membaca teks berita pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 64,58 atau meningkat sebesar 10%, sedangkan siswa yang tuntas 21 dari 32 siswa atau 65%. Selanjutnya kemampuan membaca teks berita pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,39 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 20% dengan ketuntasan klasikal 27 siswa atau sebesar 85%. Melihat data dan kompetensi yang diperoleh siswa dalam pembelajaran teks berita, keberhasilan telah mencapain indikator yang ditargetkan yaitu 85% siswa dengan telah memperoleh KKM yaitu 65,00, sehingga tindakan dilaksanakan hanya sampai pada siklus II dan tidak dilanjutkan pada siklus-siklus berikutnya. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan membaca teks berita.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Feb 2014 03:56
Last Modified: 10 Feb 2014 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item