EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Desi Fatmawati, 1113031018 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (378Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETIME TOKEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh DESI FATMAWATI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Time Token dengan model TS-TS untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan kecerdasan spiritual . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode cluster random sampling dengan diberikan perlakuan berbeda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan penilaian antarteman. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut. 1. Terdapat perbedaan keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token dengan siswa yang pembelajarannya menggunkan model TS-TS pada mata pelajaran IPS Terpadu, dari hasil pengujian diperoleh koeifisien Fhitung sebesar 25,134 dengan Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2. Keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran TSTS bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu, diperoleh koefisien thitung sebesar 13,279 > ttabel 2,093 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3. Keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Time Token bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu, diperoleh koefisien thitung sebesar -4,725 > ttabel -2,093 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 4. Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan spiritual pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap keterampilan sosial siswa, diperoleh dari hasil pengujian koefisien Fhitung sebesar 151,586 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, Kata kunci: kecerdasan spiritual, keterampilan sosial, Time Token, TS-TS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HB Economic Theory
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 7199158 . Digilib
Date Deposited: 29 May 2015 06:51
Terakhir diubah: 29 May 2015 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir