, ENDRIYANA (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI SUMBER BELAJAR ALAM SEKITAR SISWA KELAS VII-A SMP PGRI PEJAMBON TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (212Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (128Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (869Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Updated Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (739Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya kemampuan menulis puisi siswa SMP PGRI Pejambon merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara memanfaatkan sumber belajar alam sekitar guna meningkatkan kemampuan menulis puisi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui sumber belajar alam sekitar, pada siswa kelas VII-A SMP PGRI Pejambon Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII-A SMP PGRI Pejambon tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 29 orang, terdiri atas 13 laki-laki dan 16 perempuan. ii Pada siklus I setiap siswa menulis puisi dengan sumber belajar alam sekitar dengan tema benda mati. Aspek yang dinilai setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan menulis puisi guru menggunakan sumber belajar alam sekitar dengan tema bebas. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam menulis puisi di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 51 dari 29 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 27 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran sumber belajar alam sekitar, kemampuan menulis puisi pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 64 atau meningkat sebesar 13% sedangkan siswa yang tuntas 17 dari 29 siswa atau 60%. Selanjutnya, kemampuan menulis puisi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 74 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 11% dengan ketuntasan klasikal 27 siswa atau sebesar 90%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan sumber belajar alam sekitar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII-A SMP PGRI Pejambon.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 04:01 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 04:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1006 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |