0816031017, AKHYARSYAH AGYA (2012) PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PEBGESAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SAN WACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat Pernyataan .pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I .pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf Download (27Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (10Kb) |
||
|
File PDF
BAB V .pdf Download (473Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
panduan wawancara.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA (Studi pada Keluarga-keluarga Lingkungan II Cengkeh Perumnas Way Halim Bandarlampung) Oleh AKHYARSYAH AGYA Secara kodarti manusia adalah makhluk sosial yang selalu ingin hidup berdampingan dan berinteraksi. Hal ini membuktikkan bahwa manusia pada dasarnya terdapat saling ketergantungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Keluarga sebagai kelompok sosial terkecil dalam masyarakat yang merupakan himpunan manusia untuk hidup bersama dan terdapat hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi. Komunikasi keluarga merupakan suatu wadah untuk meyelesaikan permasalahan remaja salah satunya dalam pembentukan karakter remaja. Umumnya pembentukan karakter remaja tidak terlepas dari peran keluarga yang sangat besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah peranan komunikasi keluarga dalam pembentukan karakter remaja di Lingkungan II Cengkeh Perumnas Way Halim Bandarlampung?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komunikasi keluarga dalam pembentukan karakter remaja di Lingkungan II Cengkeh Perumnas Way Halim Bandarlampung. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian dari wawancara 4 informan orang tua dan 4 informan anak menjelaskan bahwa bentuk komunikasi keluarga adalah komunikasi antarpribadi, yang akan berjalan efektif sesuai dengan kelima unsur komunikasi antarpribadi, yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, kesamaan. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi, dalam komunikasinya: (1) Orang tua yang memiliki keterbukaan yang tinggi pada anak, maka karakter anaknya yaitu terbuka, jujur, berani. Sebaliknya orang tua yang memiliki keterbukaan yang rendah pada anak, maka karakter anaknya yaitu tertutup dan cenderung takut. (2) Orang tua yang empatinya tinggi pada anak, maka bentuk karakter anaknya yaitu toleran atau tenggang rasa. Sebaliknya orang tua yang empatinya rendah, maka bentuk karakter anaknya yaitu cuek, acuh tak acuh. (3) Orang tua yang memberikan dukungan pada anaknya, maka bentuk karakter anaknya yaitu optimis, percaya diri, kreatif. Sebaliknya orang tua yang tidak memberikan dukungan pada anaknya, maka bentuk karakter anaknya yaitu pesimis, minder, malas. (4) Orang tua yang berperasaan positif pada anaknya, maka bentuk karakter anaknya yaitu terbuka, jujur. Sebaliknya orang tua yang berperasaan negatif pada anak, maka bentuk karakter anaknya yaitu cemas, merasa tidak aman, penuh rasa curiga. (5) Orang tua yang memiliki kesetaraan dengan anak, maka bentuk karakter anaknya yaitu lembut, hormat dan santun. Sebaliknya orang tua yang tidak memiliki kesetaraan dengan anak, maka karakter anaknya yaitu kasar, pemberontak, pembantah. Kata kunci : Komunikasi keluarga, Karakter remaja ABSTRACT THE ROLE OF FAMILY COMMUNICATION IN BUILDING THE CHARACTER OF TEENAGERS (Study on Families Cengkeh Environment II, National Housing Authority Way Halim Bandarlampung) By AKHYARSYAH AGYA By nature, humans as social being who always wanted live together and interact. It is prove that humans are essentially interdependent and need each other. The family as the smallest social group in society that is the set of human beings to live together and there is a reciprocal relationship of mutual influence. Family communication is a forum to resolve the problem of teenagers, one of them is character building of teenagers. Formulation of the problem in this research is how the role of family communication in building the character of teenagers, in the Environment II Cengkeh, National Housing Authority Way Halim Bandarlampung. Research goal is to determinate the role of family communication in building the character of teenagers, in the Environment II Cengkeh, National Housing Authority Way Halim Bandarlampung. The theory used in this research is the theory of interpersonal communication. This research used qualitative method to generate descriptive data in the form of words or spoken of people and behaviours that can be observed. The result of interviews of four informants (parents and children) show that family communication is a form of interpersonal communication, which will run according to the five elements of effective interpersonal communication. Those are openness, empathy, supportiveness, positiveness, equality. The conclusions from this study are (1) the parents who have a high openness to children, then the characters of the children are open, honest, brave. Conversely, the parent who has a low openness in the child, then the then the characters of the child are closed and tend to be afraid. (2) the parents who high empathy to children, then the characters of the children are tolerant. Conversely, the parent who low empathy in the child, then the characters of the child are indifferent. (3) the parents who provide support to children, then the characters of the children are optimistic, confident, creative. Conversely, the parent who do not provide support to child, then the characters of the child are pessimistic, insecure, lazy. (4) the parents who positive feeling to children, then the characters of the children are openness, honest. Conversely, the parent negative feeling to child, then the characters of the child are anxious, insecure. (5) the parents who have a equality to children, then the characters of the children are respectful and polite. Conversely, the parent who has not equality to child, then the characters of the childr are rebels, disputer. Keywords : Family communication, teenage characters.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 07:34 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2015 08:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10061 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |