Kesdik Tria Sayekti, 1113023033 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBEDAKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (363Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (410Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (430Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (485Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (158Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Pendekatan ilmiah terdiri dari lima tahap yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 166 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada kelas eksperimen sebesar 0,48 dan kelas kontrol sebesar 0,33. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada kelas yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa Kesdik Tria Sayekti pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Kata kunci: asam basa, pendekatan ilmiah, keterampilan membedakan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2337687 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 06:49 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2015 06:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10105 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |