EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBEDAKAN

Kesdik Tria Sayekti, 1113023033 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBEDAKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (363Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (410Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (485Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Pendekatan ilmiah terdiri dari lima tahap yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 166 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada kelas eksperimen sebesar 0,48 dan kelas kontrol sebesar 0,33. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada kelas yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa Kesdik Tria Sayekti pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Kata kunci: asam basa, pendekatan ilmiah, keterampilan membedakan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 2337687 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 06:49
Last Modified: 03 Jun 2015 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10105

Actions (login required)

View Item View Item