Nurlitasari Ningsih, 1113053084 (2015) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (245Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (315Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (490Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 38,24% atau 13 orang siswa dari 24 orang siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model discovery learning dengan metode inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase ketuntasan sikap siswa yang mencapai predikat minimal mulai berkembang pada siklus I sebesar 64,71% dengan nilai rata-rata 65,44 meningkat pada siklus II menjadi 82,35% dengan nilai rata-rata 79,23. Persentase ketuntasan keterampilan siswa yang mencapai predikat minimal terampil pada siklus I sebesar 61,76% dengan nilai rata-rata 64,15 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,41% dengan nilai rata-rata 79,04. Persentase ketuntasan nilai pengetahuan siswa yang telah mencapai KKM pada siklus I sebesar 64,71% dengan nilai rata-rata 68,18 meningkat pada siklus II menjadi 82,35% dengan nilai rata-rata 78,12. Kata kunci: hasil belajar, metode inkuiri, model discovery learning
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 6338923 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 07:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2015 07:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10116 |
Actions (login required)
View Item |