PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD NEGERI 5 BUMI NABUNG ILIR

Ristiana, 1113053097 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD NEGERI 5 BUMI NABUNG ILIR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (514Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model problem based learning dengan media audio visual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan media audio visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa di siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 65,38% dengan nilai rata-rata 67,69 dalam kategori “Baik”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,39% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 73,23 dalam kategori “Sangat Baik”. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 57,69% dengan nilai rata-rata 67,31 dalam kategori “Cukup”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,23% menjadi 76,92% dengan nilai rata-rata 73,39 dalam kategori “Baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 61,53% dengan nilai rata-rata 67,47 dalam kategori “Terampil”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,24% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 74,19 dalam kategori “Sangat Terampil”. Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, model problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 6545715 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 07:07
Terakhir diubah: 03 Jun 2015 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir