PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD NEGERI 5 BUMI NABUNG ILIR

Ristiana, 1113053097 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD NEGERI 5 BUMI NABUNG ILIR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (514Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model problem based learning dengan media audio visual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan media audio visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa di siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 65,38% dengan nilai rata-rata 67,69 dalam kategori “Baik”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,39% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 73,23 dalam kategori “Sangat Baik”. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 57,69% dengan nilai rata-rata 67,31 dalam kategori “Cukup”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,23% menjadi 76,92% dengan nilai rata-rata 73,39 dalam kategori “Baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 61,53% dengan nilai rata-rata 67,47 dalam kategori “Terampil”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,24% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 74,19 dalam kategori “Sangat Terampil”. Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, model problem based learning.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 6545715 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 07:07
Last Modified: 03 Jun 2015 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

View Item View Item