Ristiana, 1113053097 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD NEGERI 5 BUMI NABUNG ILIR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (514Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model problem based learning dengan media audio visual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan media audio visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa di siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 65,38% dengan nilai rata-rata 67,69 dalam kategori “Baik”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,39% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 73,23 dalam kategori “Sangat Baik”. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 57,69% dengan nilai rata-rata 67,31 dalam kategori “Cukup”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,23% menjadi 76,92% dengan nilai rata-rata 73,39 dalam kategori “Baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 61,53% dengan nilai rata-rata 67,47 dalam kategori “Terampil”. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,24% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 74,19 dalam kategori “Sangat Terampil”. Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, model problem based learning.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 6545715 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 07:07 |
Last Modified: | 03 Jun 2015 07:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |