Nur Aulia, 1113053080 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V A SD NEGERI 03 SULUSUBAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (370Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (271Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (318Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (771Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V A SD Negeri 03 Sulusuban belum berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Hasil belajar siswa masih rendah, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 31,82%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran AIR dengan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik nontes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V A SD Negeri 03 Sulusuban. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,00 dan mengalami peningkatan sebesar 10,22 sehingga pada siklus II menjadi 76,22. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 50,00% (kategori sedang) meningkat 31,82% pada siklus II menjadi 81,82% (kategori tinggi). Kata kunci: hasil belajar, metode problem solving, model pembelajaran AIR.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 8960531 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 02:13 |
Terakhir diubah: | 04 Jun 2015 02:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10132 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |