PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Antonina Meilani Asta Sari Ningsih, 1113053011 (2015) PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (462Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh: ANTONINA MEILANI ASTA SARI NINGSIH Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVA SDN 11 Metro Pusat yang diketahui dari hasil observasi yaitu hanya sebanyak 8 siswa atau 33,33% dari 24 siswa yang mencapai KKM yaitu 66 dengan kategori “sedang”. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 11 Metro Pusat melalui penerapan mapping dalam model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes tertulis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mapping dalam model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 11 Metro Pusat. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar afektif klasikal pada siklus I mendapat 50% dengan kategori “sedang” dan meningkat 37,50 sehingga pada siklus II mencapai 87,50% dengan kategori “sangat tinggi”. Ketuntasan hasil belajar kognitif klasikal pada siklus I mencapai 62.50% dengan kategori “tinggi” dan meningkat 20,83 sehingga pada siklus II mencapai 83.33% dengan kategori “sangat tinggi”. Ketuntasan hasil belajar psikomotor klasikal pada siklus I mencapai 54.16% kategori “sedang” dan meningkat 29,17 sehingga pada siklus II mencapai 83.33% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata Kunci : hasil belajar, mapping, model pembelajaran inkuiri

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 6689351 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2015 03:38
Last Modified: 05 Jun 2015 03:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10149

Actions (login required)

View Item View Item