PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 03 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Dianty Eprilian, 1113053031 (2015) PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 03 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3733b) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (409Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (573Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang terdapat dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPA yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 48,57%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model treffinger. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian menggunakan lembar pengamatan dan lembar soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model treffinger dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase ketuntasan aktivitas siswa yang mencapai kategori minimal aktif pada siklus I sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata 60,57 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan nilai rata-rata 79,14. Persentase ketuntasan kognitif siswa yang telah mencapai KKM pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata 67,20 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan nilai rata-rata 75,89. Persentase ketuntasan nilai afektif siswa yang mencapai kategori minimal baik pada siklus I sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata 59,73 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77,14% dengan nilai rata-rata 78,84. Persentase ketuntasan nilai psikomotor siswa yang mencapai kategori minimal baik pada siklus I sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata 65,32 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77,14% dengan nilai rata-rata 80,54. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model treffinger

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 3229822 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2015 03:10
Last Modified: 12 Jun 2015 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item View Item