Dianty Eprilian, 1113053031 (2015) PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 03 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3733b) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (409Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (573Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah yang terdapat dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPA yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 48,57%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model treffinger. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian menggunakan lembar pengamatan dan lembar soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model treffinger dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase ketuntasan aktivitas siswa yang mencapai kategori minimal aktif pada siklus I sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata 60,57 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan nilai rata-rata 79,14. Persentase ketuntasan kognitif siswa yang telah mencapai KKM pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata 67,20 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan nilai rata-rata 75,89. Persentase ketuntasan nilai afektif siswa yang mencapai kategori minimal baik pada siklus I sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata 59,73 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77,14% dengan nilai rata-rata 78,84. Persentase ketuntasan nilai psikomotor siswa yang mencapai kategori minimal baik pada siklus I sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata 65,32 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77,14% dengan nilai rata-rata 80,54. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model treffinger
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 3229822 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 03:10 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 03:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10224 |
Actions (login required)
View Item |