Meilani, 1113031048 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATANGHARI NUBAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (372Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (833Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48Kb) | Preview |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar IPS Terpadu yang masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan memperhatikan kemampuan awal yang dimiliki siswa dalam pencapaian hasil belajar IPS Terpadu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 132 siswa dengan sampel sebanyak 44 siswa (2 kelas). Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan, T-Test Dua Sampel Independen, dan Analisis Efektivitas N-Gain. Hasil penelitian: (1) Ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning dan Discovery Learning (Fhitung 12,584 > Ftabel 4,08), (2) Hasil belajar IPS Terpadu yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan model Discovery Learning pada siswa kemampuan awal tinggi (Thitung 8,566 > Ttabel 2,086), (3) Hasil belajar IPS Terpadu yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan model Discovery Learning pada siswa kemampuan awal rendah (Thitung 3,383 > Ttabel 2,086), (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa mata pelajaran IPS Terpadu (Fhitung 70.524 > Ftabel 4,08), (5) Ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa kemampuan awal tinggi dan rendah (Fhitung 17,028 > Ftabel 4,08) dan (6) Ada perbedaan efektivitas antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan efektivitas yaitu 1,377 > 1. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Awal, Problem Based Learning.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Depositing User: | 1446607 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 08:05 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 08:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |