FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERHAMBATNYA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA BANDARLAMPUNG

Yulita Sari, 1113033071 (2015) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERHAMBATNYA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA BANDARLAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (263Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SAN WACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (3537b) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERHAMBATNYA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA BANDARLAMPUNG ABSTRAK Yulita Sari Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling mendasar dalam siklus kehidupan manusia dari lahir hingga akhir hayat. Pendidikan menjadi hal yang penting dalam menciptakan dan mengembangkan kepribadian serta pengembangan jiwa anak kelak. Pendidikan merupakan suatu upaya yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan juga merupakan suatu proses yang dilakukano leh guru kepada anak didiknya. Pendidikan juga sebuah alat untuk merubah cara berpikir kita dari cara berpikir tradisional kecara berpikir ilmiah. Peranan seorang guru dalam proses belajar mengajar sangat penting dalam mengembangkan perubahan tingkah laku pada siswa. Kurikulum sebagai suatu rancangan dalam pendidikan memiliki posisi yang strategis, karena seluruh kegiatan pendidikan bermuara kepada kurikulum itu sendiri. Begitu pentingnya kurikulum sebagaimana sentra kegiatan pendidikan, maka didalam penyusunannya memerlukan landasan atau fondasi yang kuat, melalui pemikiran dan penelitian secara mendalam. dan pada dasarnya kurikulum merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalalah apakah penyebab terhambatnya penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Bandar Lampung Tahun 2014? Tujuaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui factor penyebab terhambatnya penarapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif sedangkan analisis data menggunakan wawancara dan angket sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriftif dengan tabulasi data berdasarkan hasil kuesioner guru SMA di Bandar Lampung. Hasil faktor penyebab terhambatnya penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah adalah Pelatihan guru salah satu cara untuk pencapaian kurikulum 2013 dan tidak maksimalnya hasil pelatihan yang diperoleh oleh guru tingkat SMA di Bandar Lampung, Karnatidak adanya pelatihan Kurikulum 2013 yang dilakukanoleh guru-guru, sebagian besar guru menyatakan materi tentang konsep kurikulum 2013 belum tersampaikan dengan jelas,harusada hal-hal yang berkaitan dengan pelatihan yang dilakukan oleh guru-guru, sangat membantu guru-guru mendalami konsep pembelajaran implementasi kurikulum 2013, dan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pun telah tersampaikan dengan jelas berkaitan dengan pelatihan dan implementasi kurikulum 2013 adalah ada sosialisasi berkelanjutan, dalam beberapa dokumen yang dibuat kementrian dan ada beberapa varian langkah. Dari mengamati sampai dengan mengkomunikasikan, diberi tambahan dengan contoh-contoh yang lebih banyak, konsepnya sudah cukup jelas, namun pada pelaksanaannya mengalami berbagai macam kendala, salah satunya dari kesiapan siswa terhadap modal pembelajaran saintifik.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: D History General and Old World > D History (General)
A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 3619672 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2015 06:37
Last Modified: 16 Jun 2015 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10268

Actions (login required)

View Item View Item