PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SIMAYANG TIPE II UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SISWA

Napilah Fauziyah, 1113023045 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SIMAYANG TIPE II UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit siswa, serta mendeskripsikan karakteristik model mental dan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Pengambilan sampel didasarkan pada sampel total dan menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Gajah Mada Bandar Lampung pada kelas X IPA1, X IPA2, dan X IPA3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan yang tinggi dalam menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep siswa, dibuktikan dengan keterlaksanaan RPP dan respon siswa yang berkategori “sangat tinggi.” Model pembelajaran ini juga efektif dalam menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep siswa, dibuktikan dengan peningkatan model mental dan penguasaan konsep, serta penilaian observer terhadap kemampuan guru dan aktivitas siswa yang berkategori “sangat tinggi.” Sebelum diterapkan model SiMaYang Tipe II, model mental siswa mayoritas berkategori “buruk” dan “buruk sekali.” Setelah diterapkan model ini, model mental siswa mayoritas berkategori “baik” dan “baik sekali.” Peningkatan penguasaan konsep siswa dibuktikan oleh peningkatan skor n-Gain yang berkategori “sedang” pada ketiga kelas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan dan keefektivan yang tinggi dalam membangun model mental dan penguasaan konsep siswa, serta mampu meningkatkan model mental dan penguasaan konsep siswa dari kategori “buruk sekali” dan “buruk” menjadi “sedang,” “baik,” dan “baik sekali.” Kata kunci: Model pembelajaran SiMaYang Tipe II, model mental, penguasaan konsep, larutan elektrolit dan non-elektrolit

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 9187756 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2015 02:38
Last Modified: 19 Jun 2015 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item View Item