Sabila Izzati, 1113023058 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (343Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (340Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA Oleh SABILA IZZATI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan mo-del pembelajaran SiMaYang Tipe II pada materi larutan asam basa. Populasi da-lam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap Tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa, obser-vasi penilaian guru dan aktivitas siswa. Keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri siswa dan pengua-saan konsep, dimana peningkatan efikasi diri ditunjukkan dari hasil rata-rata angket efikasi yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran dan peningkatan penguasaan konsep ditunjukkan berdasarkan nilai n-Gain yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan model pem-belajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada ketiga kelas yang diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP berkategori sangat tinggi, respon siswa berkategori tinggi dan sangat tinggi, observasi penilaian guru berkategori sangat tinggi, dan aktivitas siswa berkategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa keefektivan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada ketiga kelas yang diukur berdasarkan rata-rata efikasi diri terjadi peningkatan di akhir pembelajaran dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata n-Gain untuk kelas XI MIA 1 berkategori tinggi, untuk kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model SiMaYang tipe II berbasis multipel representasi pada materi asam basa dikatakan praktis dan efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep. Kata kunci: model SiMaYang Tipe II, pembelajaran berbasis multipel represen-tasi, larutan asam basa, observasi penilaian guru, keterlaksanaan RPP, respon siswa, aktivitas siswa, penguasaan konsep, efikasi diri.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2958106 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 06:19 |
Terakhir diubah: | 23 Jun 2015 06:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10358 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |