PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER

Gunawan, NIKMATUL KHOIRIYAH (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (249Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak

Keberadaan LKS IPA di SMP Negeri 1 Batanghari Lampung Timur sebagai salah satu sumber belajar selain buku teks masih berisi ringkasan materi dan kumpulan soal-soal sehingga belum mampu membantu siswa memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung. LKS yang dibutuhkan siswa adalah mampu memandu siswa dalam melaksanakan kegiatan guna memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung. Berdasarkan kondisi tersebut, tujuan penelitian pengembangan ini adalah mewujudkan bentuk LKS berbasis penemuan terbimbing, mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS tersebut. Pengembangan ini diadaptasi berdasarkan prosedur pengembangan sebagai berikut : 1) identifikasi kebutuhan, 2) perumusan desain pengembangan dan alat ukur keberhasilan, 3) pengembangan produk, 4) uji coba produk, 5) revisi dan produk siap digunakan oleh siswa. Desain produk berdasarkan tahapan pembelajaran penemuan terbimbing yaitu 1) pemberian masalah, 2) penyusunan data, 3) pengolahan dan analisis data,4) verifikasi dan temuan, 5) Evaluasi. Sebelum LKS diujikan kepada siswa, LKS telah memenuhi uji kelayakan, uji ahli isi, dan uji satu lawan satu. Produk yang dihasilkan sesuai tujuan pengembangan yaitu LKS berbentuk petunjuk praktikum dengan tahapan penemuan terbimbing yang digunakan siswa sebagai panduan praktikum virtual hukum Ohm dan hukum 1 Kirchoff menggunakan program simulasi PhET, LKS dinyatakan efektif sebagai petunjuk praktikum karena 84,2 % siswa peserta uji kelompok kecil tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa adalah 87 dengan simpangan baku sebesar 11. Kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan praktikum berdasarkan penilaian kinerja adalah sangat baik dengan persentase sebesar 93,02 %. Hal ini didukung pula oleh sikap siswa selama pembelajaran berlangsung yang sangat positif dengan persentase sebesar 82,83 %. Sedangkan, tanggapan siswa terhadap LKS hasil pengembangan ditentukan menggunakan angket kemenarikan dan kemudahan. Kemenarikan LKS memperoleh skor 3,17 dan kemudahan LKS memperoleh skor 3,05. Kesimpulannya LKS hasil pengembangan dinyatakan menarik dan mudah digunakan oleh siswa sebagai petunjuk praktikum. Keyword : pengembangan, lembar kerja siswa, penemuan terbimbing

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Feb 2014 07:06
Last Modified: 11 Feb 2014 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item