PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR

Andreas Ardi Irawan, 1113022006 (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR. UNSPECIFIED. (Tidak diterbitkan)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DEPAN.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI..pdf

Download (2287Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (624Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (298Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (207Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok suhu dan kalor untuk siswa kelas X. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dalam Sugiyono (2009). Prosedur pengembangan modul ini meliputi: potensi masalah, pengumpulan data untuk memenuhi kebutuhan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk meliputi, uji internal: uji kelayakan produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk, revisi dan tahap terakhir, produksi. Setelah dilakukan uji coba lapangan modul pembelajaran yang dikembangkan menarik untuk digunakan dengan skor kemenarikan sebesar 3,21 selain itu modul tersebut mudah untuk digunakan dengan skor kemudahan sebesar 3,26, dan modul yang dikembangkan tersebut bermanfaat bagi siswa dengan skor kemanfaatan sebesar 3,42. Modul pembelajaran tersebut juga efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan tingkat efektifitas mencapai 91% siswa tuntas KKM. Selain itu data tersebut juga telah melalui perhitungan gain ternormalisasi, diperoleh rata-rata gain 0,70. Skor tersebut telah mencapai rata-rata skor 0,3<g < 0,7 tergolong dalam klasifikasi gain ternormalisasi sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas: menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: modul, inkuiri terbimbing dan pengembangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Karya Karya Umum = 000
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 008347 . Digilib
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:45
Terakhir diubah: 15 Mar 2022 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir