Dedeng , ADE LESMANA (2013) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU POKOK BAHASAN LINGKUNGAN KEHIDUPAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS VII SMPN 1 WAY TENONG TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (190Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (255Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (111Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (194Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (627Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (485Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1367Kb) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8Kb) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3165Kb) |
Abstrak
Prestasi belajar siswa di sekolah sering diindikasikan dengan permasalahan belajar siswa dalam memahami materi. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Way Tenong kelas VII, diketahui bahwa rata-rata prestasi belajar siswa masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran. Multimedia sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi sehingga dapat lebih memungkinkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah multimedia pembelajaran dapat meningkatkan prstasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun desain yang dipilih adalah pre-experimental designs (nondesign) dengan model one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah 29 siswa. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan posttest yang dianalisis secara statistik menggunakan paired sample t test pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. B Hasil penelitian menunjukan Ada perbedaan antara rata-rata prestasi belajar sebelum menggunakan multimedia pembelajaran dengan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci : Mata Pelajaran IPS, Multimedia Pembelajaran, Prestasi Belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science (General) > QC Physics |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 07:07 |
Last Modified: | 11 Feb 2014 07:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |