PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 4 METRO PUSAT

Annisa Pradini, 1113053010 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 4 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1390Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 4 METRO PUSAT Oleh ANNISA PRADINI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran IPS di SD Negeri 4 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe two stay two stray dengan media grafis pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe two stay two stray dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan aktivitas cukup aktif dengan nilai 64,06 dan persentase siswa aktif 58,34%. Aktivitas siswa pada siklus II menunjukkan aktivitas sangat aktif dengan nilai 80,94 dan persentase siswa aktif 75%. Aktivitas siswa dan persentase siswa aktif siklus I dan siklus II meningkat 16,88 dan 16,66%. Hasil belajar siswa pada siklus I 58,50 kategori “cukup baik” dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 54,17%. Hasil belajar siswa pada siklus II 79,66 kategori “baik” dengan persentase ketuntasan belajar siswa 80%. Hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II meningkat 21,16 dan 25,83%. Kata kunci: aktivitas, cooperative learning tipe two stay two stray, hasil belajar, media grafis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 831797 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2015 06:26
Last Modified: 26 Jun 2015 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item View Item