Hermawan, 0913053028 (2015) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TEMPURAN LAMPUNG TENGAH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (746Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TEMPURAN LAMPUNG TENGAH Oleh HERMAWAN Pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri 3 Tempuran Lampung Tengah belum berlangsung sesuai yang diharapkan. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dan guru belum maksimal dalam menerapkan model pembelajaran role playing. Selain itu siswa kurang aktif dalam merespon materi yang diberikan guru. Siswa kurang antusias dalam bertanya, kurang antusias dalam menjawab pertanyaan, dan kurang antusias dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru dan aktivitas siswa siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dilihat dari aktivitas pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 51,07 kategori cukup aktif, meningkat 10,98 menjadi 62,05 dengan kategori aktif siklus II. Selanjutnya meningkat kembali sebesar 13,3 menjadi 75,35 dengan kategori aktif pada siklus III. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 56,79, meningkat 11,43 menjadi 68,21 pada siklus II dan meningkat kembali sebesar 6,43 menjadi 74,64 pada siklus III. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 50%, meningkat 21,43% menjadi 71,43% pada siklus II dan meningkat kembali sebesar 14,29% menjadi 85,71% pada siklus III. Kata kunci : Model role playing, aktivitas, hasil belajar PKn.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 9733317 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 06:50 |
Last Modified: | 26 Jun 2015 06:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |