IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGENALAN GEDUNG-GEDUNG DI FMIPA UNIVERSITAS LAMPUNG

Ardi Yuliyanto, 1117032010 (2015) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGENALAN GEDUNG-GEDUNG DI FMIPA UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1 - ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2 - ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3 - COVER DALAM.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4 - LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (549Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (650Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6 - LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7 - RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8 - PERSEMBAHAN.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9 - MOTTO.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10 - SANWACANA.pdf

Download (227Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11 - DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12 - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13 - DAFTAR TABEL.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
14 - BAB I.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
15 - BAB II.pdf

Download (1131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
16 - BAB III.pdf

Download (1553Kb) | Preview
[img] Text
17 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1914Kb)
[img]
Preview
Text
18 - BAB V.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
19 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Markerless Augmented Reality (AR) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual, dimana objek dalam dunia nyata dapat dikenali melalui posisi, arah dan lokasi. Teknologi Markerless AR dapat digunakan untuk memvisualisasikan informasi secara interaktif, terlebih apabila teknologi ini dipadukan dengan perangkat komunikasi bergerak seperti smartphone yang memiliki sistem operasi Android. Fitur kamera, internet, accelerometer, peta digital dan GPS (Global Positioning System) pada perangkat Android dapat diintegrasikan sehingga teknologi AR dapat diimplementasikan. Dalam penelitian ini, teknologi Markerless AR diimplementasikan pada gedung-gedung di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung, dengan tujuan untuk membuat aplikasi yang menyajikan informasi mengenai gedung-gedung di FMIPA, peta FMIPA dan informasi-informasi mengenai FMIPA yang dapat diakses melalui smartphone Android. Aplikasi ini dirancang kemudian diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java for Android dan bantuan framework BeyondAR untuk mendeteksi dan menampilkan objek AR serta Google Maps API untuk menampilkan peta FMIPA. Hasil data pengujian menggunakan pengujian Equivalence Partitioning, menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi sesuai analisis. Selain itu berdasarkan data angket, aplikasi ini adalah aplikasi yang user friendly (dengan nilai rata-rata 4,31 / sangat baik), dan interaktif (dengan nilai rata-rata 4,23 / baik). Abstract Markerless Augmented Reality (AR) is a term for an environment that combines real world and the virtual world, where objects in the real world can be recognized through the position, direction and location. Markerless AR technology can be used to interactively visualize information, especially when the technology is combined with a mobile communication device such as a smartphone that has the Android operating system. Camera features, internet, accelerometer, digital maps and GPS (Global Positioning System) on Android devices can be integrated so that AR technology can be implemented. In this study, Markerless AR technology is implemented in the Faculty of Mathematics and Natural Science (Science) University of Lampung buildings. The aim of this study is to create an application that provides information about the buildings, it is show Faculty maps and information about the Natural Sciences accessible via Android smartphones. This application is designed and then implemented using the Java programming language for Android and BeyondAR framework support to detect and display the AR object and the Google Maps API to display a map of the Science Faculty. The results of data test using Equivalence Partitioning test shown the application functionate well according to the analysis. In addition, based on questionnaire data, that the application is a user friendly application (with an average value of 4.31 / very good), and interactive (with an average value of 4.23 / good).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: 6965296 . Digilib
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:45
Last Modified: 29 Jun 2015 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10537

Actions (login required)

View Item View Item