Aji Rhamadan, 1113053004 (2015) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (315Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1216Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 METRO PUSAT Oleh AJI RHAMADAN Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IV SDN 2 Metro Pusat permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS yaitu rendahnya hasil belajar siswa yakni 20 dari 30 orang siswa belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Metro Pusat melalui penerapan metode inkuiri. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I dengan tingkat ketuntasan yakni 43% pada siklus II menjadi 78% megalami peningkatan sebesar 35%. Hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I dengan tingkat ketuntasan yakni 50% pada siklus II menjadi 76.5% megalami peningkatan sebesar 26.5%. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I rata-rata 60.3 pada siklus II menjadi 73 megalami peningkatan rata-rata 26.7. Kata kunci: metode inkuiri, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 6549999 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 07:06 |
Terakhir diubah: | 29 Jun 2015 07:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10551 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |