Muhamad Alfiansyah, 1012011056 (2015) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KETERLAMBATAN PENERBANGAN. Fakultas Hukum, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (137Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KETERLAMBATAN PENERBANGAN Oleh MUHAMAD ALFIANSYAH Terjadinya suatu keterlambatan penerbangan merupakan sebuah tanggung jawab perusahaan maskapai penerbangan, dan dalam hal terjadinya suatu keterlambatan penerbangan tentunya terdapat hak konsumen yang tidak terpenuhi dalam proses pengangkutan udara, untuk itulah harus adanya daya dan upaya yang penumpang miliki dalam menghadapi terjadinya suatu keterlambatan penerbangan agar tidak ada hak-hak konsumen yang dikesampingkan dan tidak dipenuhi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peraturan hukum tentang keterlambatan penerbangan (delay) dan bagaimanakah tanggung jawab perusahaan jika terjadi suatu keterlambatan penerbangan, serta bagaimanakah upaya hokum penumpang yang mengalami kerugian akibat terjadinya suatu keterlambatan penerbangan (delay). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif, tipe penelitian adalah tipe deskriptif, pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan normatif. Penelitian ini menggunakan data Sekunder Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan, studi dokumen, dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya akan diolah melalui tahap-tahap seleksi data, klasifikasi data, dan sistematika data. Dengan terjadinya suatu keterlambatan penerbangan,tentu ada hak konsumen yang tidak dipenuhi dalam proses pengangkutan udara, untuk itulah harus adanya upaya perusahaan maskapai penerbangan lakukan untuk memenuhi hak-hak penumpang tersebut sesuai peraturan hukum yang ada, yang telah diamanahkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 25 tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan angkutan udara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 77 Tahun 2011 Tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 49 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal dalam negeri dan Undangundang Nomor 8Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Untuk itu penumpang haruslah bisa melindungi dirinya untuk dapat memperoleh setiap hakhaknya, sebab dalam terjadinya suatu keterlambatan penerbangan, perusahaan maskapai penerbangan bertanggung jawab atas informasi yang jelas, adanya pelayanan petugas maskapai penerbangan, adanya kompensasi yang diberikan hingga ganti rugi dan juga hak-hak konsumen lainnya sesuai peraturan hukum yang ada, jika hal tersebut tidak diberikan oleh perusahaan maskapai penerbangan, penumpang berhak untuk menuntut perusahaan maskapai penerbangan dengan menyelesaikannya melalui badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) atau mengajukan ke badan peradilan di tempat kedudukan konsumen. Kata kunci :Perlindungan, Konsumen, Keterlambatan, Penerbangan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > KZ Law of Nations |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | 1914323 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 07:41 |
Terakhir diubah: | 29 Jun 2015 07:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10557 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |