Lina Widia Sari, 1113053062 (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GEDUNG AIR KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (264Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (306Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (97Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GEDUNG AIR KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh LINA WIDIA SARI Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian experimen berupa control group pretest posttest. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD yang sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian yang berjumlah 33 siswa. Hasil analisis data regresi linier sederhana ada pengaruh antara penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 0,680 dan harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,462. Dan menghasilkan thitung sebesar 5,167 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,040. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung=5,167> ttabel = 2,040. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Gedung Air Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: metode inkuiri, hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 9636627 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 07:00 |
Last Modified: | 01 Jul 2015 07:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |