Ayu Rhatna Pratiwi, 1112011066 (2015) ANALISIS KRIMINOLOGIS PEREDARAN GAMBAR PORNOGRAFI YANG DILAKUKAN MELALUI MEDIA GAME ONLINE DI KALANGAN SISWA DI BANDAR LAMPUNG. Fakultas Hukum, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (281Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK ANALISIS KRIMINOLOGIS PEREDARAN GAMBAR PORNOGRAFI YANG DILAKUKAN MELALUI MEDIA GAME ONLINE DI KALANGAN SISWA DI BANDAR LAMPUNG Oleh AYU RHATNA PRATIWI Kemajuan teknologi internet pada masa sekarang ini bagaikan pedang bermata dua. Dari semua keuntungan yang diperoleh melalui teknologi intenet, terdapat kerugian yang perlu dihindari, salah satunya adalah penyebaran gambar pornografi yang dilakukan melalui game online yang menjadi perhatian serius dari Pemerintah, karena pornografi mempunyai hubungan kuat dengan kemudahan proses produksi, manipulasi, penyebaran dan pemanfaatan internet sebagai sarana akses pornografi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja faktor penyebab terjadinya peredaran gambar pornografi yang dilakukan melalui media game online di kalangan siswa di Bandar Lampung dan bagaimana upaya penanggulangan yang harus dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dan yuridis empiris. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian diproses dengan cara editing, interpretasi data, sistematis data, dan dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan faktor internal yang menjadi penyebab terjadinya peredaran gambar pornografi yang dilakukan melalui media game online yaitu, faktor perilaku yang menyimpang, rendahnya mental seseorang dan kebingungan, sedangkan faktor eksternal yaitu, faktor penyalahgunaan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), faktor sarana dan fasilitas, faktor lingkungan, faktor kurangnya kontrol sosial, faktor dari kurang optimalnya pengawasan yang dilakukan pemerintah dalam melakukan pemblokiran situs atau konten pornografi pada game online. Upaya penanggulangan yang dapat dilakukan yaitu, melalui jalur penal meliputi penegakkan hukum sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan melalui jalur non penal dengan meminta bantuan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk melakukan pemblokiran peredaran game online yang mencantumkan situs dan konten pornografi, berkoordinasi dengan lembaga-lembaga pendidikan untuk melakukan bimbingan dan pengarahan kepada siswa terhadap bahaya yang ditimbulkan dari pornografi pada game online Adapun saran dalam penelitian ini adalah Pemerintah sebaiknya lebih mengoptimalkan kontrol pencegahan dan menyaring game online yang berkonten atau bersitus pornografi, serta bekerjasama dengan instansi-instansi yang terkait dan pihak orang-tua untuk turut andil melakukan pengawasan mengenai situs dan konten apa sajakah yang diakses oleh siswa. Kata kunci: Analisis Kriminologi, Pornografi, Siswa Ayu Rhatna Pratiwi ABSTRACT CRIMINOLOGICAL ANALYSIS CIRCULATION OF PORNOGRAPHIC IMAGES CARRIED THROUGH THE ONLINE GAME AMONG STUDENTS IN BANDAR LAMPUNG By: AYU RHATNA PRATIWI Advances in Internet technology at the present time like a double-edged sword. Of all profits obtained through intenet technology, there are disadvantages that need to be avoided, one of which is the dissemination of pornographic images made through an online game that became a serious concern of the Government, because pornography has a strong relationship with the ease of the production process, manipulation, dissemination and use of the Internet as a means of access to pornography. The problem in this research is what are the factors that cause the circulation of pornographic images is done through the medium of online games among students in Bandar Lampung city and how prevention efforts should be done. The method used is normative and empirical jurisdiction. Data used include primary data and secondary data. Sampling using purposive sampling method. The collected data is then processed by means of editing, interpretation of data, systematic data, and analyzed using qualitative analysis. Based on the results of research and discussion of internal factors that cause the circulation of pornographic images is done through the medium of online gaming that is, factors that deviant behavior, lack of mental and confusion, while external factors, namely, the abuse factor developments in science and technology (science and technology), factor facilities and infrastructure, environmental factors, lack of social control factors, factors of less optimal control of the government in blocking pornographic content on the sites or online gaming. Prevention efforts that can be done is, through the penal covering law enforcement in accordance with the code of penal, Undang-Undang Number 44 Year 2008 on Pornography and Undang-Undang Number 11 Year 2008 on Information and Electronic Transactions, and through non penal path by asking the Ministry of Communication and Information for blocking the circulation of online games that includes sites and pornographic content, in coordination with educational institutions to conduct guidance and direction to students on the harmful effects of pornography on online games. The suggestions in this study is the Government should further optimize preventive control and filter online game with content or websites pornography, as well as in cooperation with the relevant agencies and the parents to contribute to conduct surveillance on the site and what are the content accessed by students. Keywords: Criminological Analysis, Pornography, Students
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > KZ Law of Nations |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | 5372400 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 01:48 |
Terakhir diubah: | 02 Jul 2015 01:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10716 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |