Saparuddin, OLAN ASCOREPTA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I .pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (233Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (362Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2156Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem Sol- ving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dalam meningkatkan kete- rampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan siswa. Model problem sol- ving terdiri dari 5 tahapan ,yaitu;(1) mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, (3 )menetapkan jawaban sementara dari masalah, (4) menguji kebenaran jawaban sementara, (5) menarik kesimpulan Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Talang Padang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 256 siswa dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 2 dan X 3 semester Genap Tahun Pelajaran yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing- masing 0,27 dan 0,62 dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,28 dan 0,74. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa Model problem solving pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan. Kata kunci: keterampilan, mengelompokkan, mengkomunikasikan, model problem solving,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 06:00 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2014 06:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1076 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |