AYU WANDIRA, 1113041010 (2015) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (341Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (540Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (871Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran. Penelitian menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, rekaman, dan angket terbuka. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan pembelajaran berdasarkan tujuan penelitian, yakni (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran guru merancang sesuai komponen RPP No 103 tahun 2014. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama dua pertemuan. Kedua pertemuannya guru melakukan tiga kegiatan, (1) kegiatan pendahuluan, pertemuan pertama dan kedua guru melakukan apersepsi dan penyampaian kompetensi rencana kegiatan, (2) kegiatan inti, guru menggunakan pendekatan scientific dan media berupa teks diskusi “Bolehkah Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah?”. Pertemuan pertama, guru melakukan kegiatan tanya jawab dan diskusi kelompok dengan teknik jigsaw (kelompok inti dan kelompok ahli) dan mengerjakan soal yang terdapat dalam buku siswa dan LKS. Lalu mempresentasikan hasil kerja dan siswa lain menanggapi. Pertemuan kedua, membahas tentang makna istilah teks diskusi, (3) kegiatan penutup, guru melakukan refleksi. Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru adalah penilaian sikap berupa nilai tanggung jawab, peduli, percaya diri, jujur, dan santun. Penilaian pengetahuan berupa penugasan. Penilaian keterampilan dengan menuliskan struktur teks dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks serta menanggapi pertanyaan kelompok.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 3571067 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 08:45 |
Terakhir diubah: | 03 Jul 2015 08:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10852 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |