PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII 1 SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Try Wahyuni, 1113041069 (2015) PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII 1 SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1479Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII 1 SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh TRY WAHYUNI Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas VII 1 SMP Global Madani Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan menulis cerita pendek, pelaksanaan menulis cerita pendek, dan penilaian dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu pembelajaran menulis cerita pendek yang dilakukan guru dan siswa kelas VII 1 SMP Global Madani Bandar Lampung dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran (aktivitas guru dan siswa), dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan rekaman. Tahapan analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran (identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media belajar, skenario pembelajaran, dan penilaian). Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu (aktivitas guru dan aktivitas siswa). Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Aktivitas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran menulis cerita pendek meliputi kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba kemudian mengomunikasikan. Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran terdapat satu indikator yang tidak dilaksanakan guru, yaitu guru tidak menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik. Kemudian pada kegiatan inti dan kegiatan penutup. Guru telah melaksanakan semua komponen dan indikator dalam kegiatan inti dan penutup pembelajaran. Selanjutnya, hasil penilaian yang telah dilaksanakan guru juga telah memenuhi kriteria penilaian pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung yaitu mengamati sikap dan aktivitas siswa di dalam kelas, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan menggunakan tes praktik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 774825 . Digilib
Date Deposited: 03 Jul 2015 08:38
Terakhir diubah: 03 Jul 2015 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir