KENAKALAN REMAJA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

0856010037, Sandra Sandylia Rudi (2012) KENAKALAN REMAJA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (66Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI SANDRA.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 6.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
dftrpust.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA sandra.pdf

Download (40Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor, bentuk, dan dampak apa saja yang membuat kenakalan remaja dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah SMAN 12 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori Kartono dan Abin Syamsudin Makmun bahwa faktor-faktor kenakalan remaja yang terjadi di sekolah SMAN 12 dikarenakan gejala psikologis remaja yang dilakukan pada usia remaja atau masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja yaitu: Identitas, kontrol diri, proses keluarga, pengaruh teman sebaya, kelas sosial ekonomi, dan lingkungan yang ada di sekitar sekolah. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatannya yakni Kualitatif dengan lokasi penelitian di SMAN 12 Bandar Lampung, dengan informan siswa dan guru. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang, diambil secara snowball sampling, pengambilan data melalui wawancara (interview), kemudian dilakukan analisa data. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa kenakalan remaja apa saja yang dilakukan didalam proses pembelajaran di sekolah SMAN 12 Bandar Lampung adalah membolos pada saat jam pelajaran berlangsung, tidak memakai perlengkapan seragam lengkap pada saat upacara, mencontek pekerjaan rumah teman, melawan guru, merokok, tidak rapi dalam hal berpakaian, terlambat, dan yang sedikit tidak wajar adalah mencoba meminum minuman keras, faktor-faktor terjadinya kenakalan adalah karena dorongan dari lingkungan sekitar, pengaruh teknologi modern, sistem pembelajaran guru yang kurang menyenangkan bagi remaja, dan kurangnya kasih sayang dari orang tua sehingga psikologis remaja ikut terganggu. Kemudian dampak yang terjadi dalam kenakalan remaja di SMAN 12 Bandar Lampung adalah terhambatnya penyampaian materi dalam jadwal pembelajaran, menyita waktu banyak pihak dalam sekolah apabila siswa remaja melawan guru, yang lebih fatal adalah siwa remaja bisa di keluarkan dari sekolah karena tidak ada solusi yang baik untuk kedepannya. Adapun dampak yang sangat nyata adalah terhambatnya kreatifitas siswa remaja dalam pembelajaran di sekolah. Reputasi sekolah pun dapat terancam karena banyaknya kenakalan remaja yang terjadi di sekolah.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 06 Jul 2015 08:32
Terakhir diubah: 06 Jul 2015 08:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir