PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP ISLAM YPI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Nurbaiti, 0923031033 (2014) PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP ISLAM YPI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (670Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (784Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (760Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran di sekolah merupakan serangkaian kegiatan yang bermuara pada usaha pencapaian tujuan. Tujuan tersebut adalah mendewasakan anak didik, baik dari segi jasmani, penguasaan ilmu pengetahuan maupun kedewasaan yang bersifat rohaniah. Untuk mencapai semua itu maka suatu pembelajaran harus didasarkan standar tertentu yang merupakan standar pencapaian peserta didik. Ujian sekolah merupakan kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan.Uraian di atas menunjukkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (Depdiknas, 2006 : 4). Tujuan peneitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui peanerapan model pembelajaran STAD. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran STAD dalam meningkatkan aktivitas belajar. (3) Untuk mengetahui model pembelajaran STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP YPI 2 Metro dengan menggunakan subjek siswa kelas VIIIA sebanyak 34 siswa. Untuk mengumpukan data dalam penelitian ini dihgunakan metode tes, dan metode observasi obserbvasi. Berdasarkan analisis dan pebahasan dengan menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1). Penerapan model pembelajaran Cooperative tipe STAD dengan melaporkan hasil kerja kelompok secara berkeliling antar kelompok pada Standar Kompetensi (SK) Mengenal penyimpangan sosial, pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas VIIIA SMP Islam YPI 2 Metro tahun pelajaran 2011/2012. 2). Penerapan model pembelajaran Cooperative ripe STAD dengan pemberian tugas yang berbeda untuk setiap kelompok pada Standar Kompetensi (SK) Mengenal penyimpangan sosial, pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas VIIIA SMP Islam YPI 2 Metro tahun pelajaran 2011/2012. 3). Penerapan model pembelajaran Cooperative tipe STAD dengan pemberian tugas yang berbeda untuk setiap kelompok dan melaporkan hasil kerja kelompok berkeliling antar kelompok pada Standar Kompetensi (SK) Mengenal penyimpangan sosial, pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Kata kunci: Motivasi, aktivitas dan hasil belajar. Learning ini school is series of even that lead tothe achievement of goals. The goal is to students Maturity,both in terms of physical,science and spritual maturity. To achieve all of that then a certain Standard must be based learning that is student achievement standards. Exam school is to recogniti On for learning achivement and it is one of the graduation requirements. The description above shows that the educational level curriculum (KTSP) elementary and secondary education organized By the education unit based on the guidelines developed by national standars bodies (BSNP). The purpose of this observation is : (1) Determine the level of student motivation through STAD model application. (2) find the model STAD in enhancing learning activities. (3) Determine the STAD model of the boost student learning outcomes. This study was conducted in JHS YPI 2 Metro by using the subject as many as 34 students a class VIII A. 1) To collect data in this observation, used test methods, and other observation methods. Based on the analysis and discussion by using data reduction step, data presentation and conclusion it can be concluded that: Application of STAD Cooperative learning model by reporting the results of the group work in the group at standards of competency (SK) Know the social deviation, and understanding the factors that influence students of class VIIIA JHS YPI 2 Metro school year 2010/2011. 2) Application of STAD Cooperative learning model by giving different tasks for each group on the standarts of competency (SK) Know the social deviation, and understanding the factors that influence students of class VIIIA JHS YPI 2 Metro school year 2010/2011. 3) Application of STAD Cooperative learning model by giving different tasks for each group and report on the work in batches around between groups of standard of competency (SK) Know the social deviation, and understanding the factors that influence students of class VIIIA JHS YPI 2 Metro school year 2010/2011.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 3118540 . Digilib
Date Deposited: 10 Jul 2015 02:11
Last Modified: 10 Jul 2015 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10962

Actions (login required)

View Item View Item