PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Elisa Okaviani, 1113023020 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan dalam melakukan evaluasi pembelajaran di sekolah agar dapat mengukur keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen berbasis ke-terampilan proses sains (KPS) dan mengetahui tanggapan guru terhadap instrumen asesmen yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada-lah Research and Development (R&D) menurut Borg dan Gall, namun hanya sampai pada tahap revisi setelah uji coba terbatas. Instrumen asesmen yang di-kembangkan memiliki karakteristik jenis tes tertulis yang terdiri dari 10 soal pilih-an jamak dan 10 soal uraian yang mengukur ranah kognitif KPS. Hasil penelitian berdasarkan tanggapan dari guru terhadap produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi berdasarkan tafsiran Arikunto (2008), dengan tingkat keter-bacaan 80,08%, tingkat konstruksi 88,67% dan tingkat kesesuaian isi materi dengan KD dan indikator KPS 87,08%. Kendala yang dihadapi dalam pengem-bangan instrumen asesmen ini adalah: 1) hanya beberapa keterampilan proses sains dasar yang dapat dikembangkan pada materi hukum-hukum dasar kimia; 2) kesulitan dalam membuat gambar makroskopis yang harus sesuai konsep materi; 3) keterbatasannya waktu dalam melakukan penelitian dan pengembangan; 4) sifat guru yang kurang kooperatif saat melakukan wawancara tentang asesmen di sekolah. Sedangkan faktor pendukung dalam pengembangan instrumen asesmen adalah adanya referensi yang dapat dijadikan acuan untuk membuat soal-soal, se-perti bahan dari internet dan buku-buku, serta adanya respon positif dari sekolah maupun guru saat proses penelitian. Kata kunci : asesmen, hukum-hukum dasar kimia, keterampilan proses sains

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 4129820 . Digilib
Date Deposited: 07 Jul 2015 07:17
Last Modified: 07 Jul 2015 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item