Sella Pramesta, 1113053104 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVB SD NEGERI 1 TOTOKATON TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (239Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (674Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (374Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara, bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IVB SD Negeri 1 Totokaton perlu ditingkatkan, yang ditunjukkan dengan persentase siswa yang mendapat nilai memenuhi KKM (66) sebesar 33% (8 orang siswa) dari 24 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model snowball throwing dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi (untuk menilai kinerja guru, aktivitas belajar siswa, afektif siswa, dan psikomotor siswa) dan soal tes (untuk menilai kognitif siswa). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model snowball throwing dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,3 persentase siswa aktif 54,1% (cukup), dan pada siklus II sebesar 69,8 persentase siswa aktif 85,4% (sangat aktif). Rata-rata nilai hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 66,3 dengan persentase 58,4% (cukup), dan pada siklus II sebesar 79,7 dengan persentase 83,3% (sangat baik). Rata-rata nilai hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I sebesar 61,1 dengan persentase 56,2% (cukup), dan pada siklus II sebesar 75,8 dengan persentase 93,7% (mahir). Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 65,4 (cukup) dengan persentase 66,7%, dan pada siklus II sebesar 73,6 (baik) dengan persentase 79,2%. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, media grafis, model snowball throwing.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 8695557 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 08:13 |
Terakhir diubah: | 07 Jul 2015 08:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10993 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |