PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 2 NOTOHARJO

Isnaini Fitrah Sari, 1113053060 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 2 NOTOHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Notoharjo pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Notoharjo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa di siklus I, II, dan III. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63,16 % (Aktif), siklus II 68,42% (Aktif) meningkat 5,26%, siklus III 89,47% (Sangat Aktif) meningkat 21,05%. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa siklus I sebesar 59,61, siklus II 65,66 meningkat 6,05, siklus III 70,66 meningkat 5. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 57,89% (Sedang), siklus II 73,68% (Tinggi) meningkat 15,79%, siklus III 84,21% (Sangat Tinggi) meningkat 10,53%. Persentase hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 47,37% (Cukup Baik), siklus II 73,68% (Baik) meningkat 26,31%, siklus III 84,21% (Sangat Baik) meningkat 10,53%. Persentase hasil belajar psikomotor siswa siklus I sebesar 52,63% (Cukup Terampil), siklus II 57,89% (Cukup Terampil) meningkat 5,26%, siklus III 78,95% (Terampil) meningkat 21,06%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 4923086 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:14
Last Modified: 13 Jul 2015 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item