Nita Sari, 1113053076 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (386Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (666Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
PEMSEMBAHAN.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (462Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian diperoleh dari informan penelitian, yaitu kepala sekolah, dewan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data meliputi reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Konsep model pembelajaran berbasis masalah di SD Negeri 2 Labuhan Ratu adalah model yang mendorong siswa untuk aktif mencari permasalahan dalam dunia nyata, 2) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikembangkan melalui tujuan pembelajaran, materi yang digunakan, sumber belajar yang tersedia, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta peran guru dalam proses pembelajaran dilaksanakan sebagaimana tuntutan dalam kurikulum 2013, 3) Hasil Penggunaannya dapat dilihat dari prestasi akademik siswa mencapai nilai KKM, suasana pembelajaran yang menyenangkan serta tanggapan siswa yang cukup antusisas, 4) Faktor pendukung penerapan model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan kurikulum 2013 meliputi guru, media dan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran dan faktor penghambatnya meliputi masih adanya guru yang memberikan pelajaran tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, media dan sumber belajar yang kurang mencukupi kebutuhan siswa serta faktor kemalasan siswa dalam belajar. Kata kunci: model pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah,kurikulum 2013
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 122319 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 06:23 |
Last Modified: | 13 Jul 2015 06:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |