PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

SUBANI, 1013079287 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (612Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Merbau Mataram Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan Pendekatan experiential pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes berupa butir soal. Pengolahan dan analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan aktivitas belajar siswa rata-rata 55.5%, sedangkan hasil belajar siswa rata-rata 46%, Pada siklus ke II menunjukan peningkatan aktivitas belajar siswa rata-rata 83,5%, dengan hasil belajar siswa ratarata 85%, Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan Experiential di SD Negeri 4 Merbau Mataram. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Experiential karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 2669252 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2015 07:21
Last Modified: 13 Jul 2015 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item View Item