Merry Agustina, 1113024046 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (386Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (219Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Postest. Sampel penelitian adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIKK sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari jawaban lembar kerja siswa (LKS) dan persepsi siswa mengenai model pembelajaran discovery learning yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest, kemudian dianalisis menggunakan Uji t dengan taraf signifikasi 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata persentase (eksperimen = 75.58% dengan kriteria baik; kontrol = 70.08% dengan kriteria cukup). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen juga berpengaruh sangat signifikan dengan nilai rata-rata N-gain (eksperimen = 65.06; kontrol = 47.13). Kemudian semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Ekosistem
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 3878190 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jul 2015 02:26 |
Terakhir diubah: | 15 Jul 2015 02:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11217 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |