PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem)

Merry Agustina, 1113024046 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (249Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Postest. Sampel penelitian adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIKK sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari jawaban lembar kerja siswa (LKS) dan persepsi siswa mengenai model pembelajaran discovery learning yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest, kemudian dianalisis menggunakan Uji t dengan taraf signifikasi 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata persentase (eksperimen = 75.58% dengan kriteria baik; kontrol = 70.08% dengan kriteria cukup). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen juga berpengaruh sangat signifikan dengan nilai rata-rata N-gain (eksperimen = 65.06; kontrol = 47.13). Kemudian semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Ekosistem

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 3878190 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2015 02:26
Last Modified: 15 Jul 2015 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item