EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

Musfiroh, 1113023043 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA MATERI GARAM HIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (271Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2014-2015. Pengam¬bilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Efektivitas model problem solving diukur berdasarkan perbedaan nilai n-Gain siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data n-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan dengan hipotesis yang diterima adalah rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada kelas kontrol. Hasil pengujian ini didukung oleh rata-rata afektif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan siswa pada materi garam hidrolisis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 4682367 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2015 02:39
Last Modified: 15 Jul 2015 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item