EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUTUSKAN SUMBER YANG DAPAT DIPERCAYA PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

Nova Armania Twoiningtiyas, 1113023046 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUTUSKAN SUMBER YANG DAPAT DIPERCAYA PADA MATERI GARAM HIDROLISIS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb)
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (249Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (273Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41Kb) | Preview

Abstrak

Model problem solving merupakan model pembelajaran berbasis masalah dimana peserta didik dituntut untuk menemukan sendiri pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 5 kelas di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan ditetapkan 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kelas kontrol). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian setelah dilakukan uji-t’, menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kedua kelas penelitian berbeda secara signifikan dengan diperoleh rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa dalam memutuskan sumber yang dipercaya pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa di kelas kontrol pada materi garam hidrolisis. Didukung juga dari hasil observasi yang diperoleh bahwa peningkatan rata-rata afektif siswa disetiap pertemuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 1646430 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2015 03:26
Last Modified: 15 Jul 2015 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11221

Actions (login required)

View Item View Item