EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN PERTANYAAN PADA MATERI GARAM HIDROLISIS

Dita Apriani, 1113023013 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN PERTANYAAN PADA MATERI GARAM HIDROLISIS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model problem solving yang efektif dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan siswa pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 10 Bandar Lampung yang terdiri dari 6 kelas IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA5 dan XI IPA6 SMAN 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Efektivitas model problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain kemampuan memfokuskan pertanyaan untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian setelah melakukan uji statistik (uji t) menunjukkan rata-rata n-Gain berbeda secara signifikan dengan hipotesis yang diterima adalah rata-rata n-Gain kemampuan memfokuskan pertanyaan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian ini didukung oleh penilaian sikap siswa antara lain rasa ingin tahu, banyak bertanya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, proaktif dalam menjawab pertanyaan, komunikatif dan bekerjasama. Rata-rata penilaian afektif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan pada materi garam hidrolisis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 7049130 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2015 02:42
Last Modified: 15 Jul 2015 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11222

Actions (login required)

View Item View Item