Siska Wijayanti, 1113023073 (2015) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (670Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (247Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (210Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pengembangan sumber belajar berbasis teknologi merupakan salah satu upaya untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara interaktif. Sumber belajar alternatif yang bisa dikembangkan dengan ber¬teknologi adalah e-book interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-book interaktif, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan e-book interaktif ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). e-Book interaktif hasil dari pengembangan memiliki beberapa karakteristik seperti dilengkapi dengan fenomena-fenomena kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan dilengkapi dengan gambar, animasi atau video yang sudah memenuhi level representasi kimia (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik) untuk mendukung penjelasan dari materi yang ada dalam e-book interaktif tersebut. Faktor-faktor yang mendukung proses pengembangan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia yaitu sikap kooperatif dari pihak sekolah yang memudahkan peneliti untuk mendapatkan perijinan melakukan uji coba terbatas, sikap antusiasme guru dan siswa/siswi terhadap produk e-book interaktif hasil dari pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilaksanakan di salah satu SMA di kota Metro, tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi dan grafika serta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan, diperoleh persentase berturut-turut sebesar 98,46%; 98,00%; dan 86,63% yang semuanya dikategorikan sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia telah memenuhi aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, aspek grafika yang baik dengan dilengkapi contoh gambar, animasi atau video yang memenuhi level representasi kimia dan telah memenuhi aspek keterbacaan yang baik. Kata kunci : e-book interaktif, kesetimbangan kimia, representasi kimia.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 9750250 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jul 2015 02:51 |
Terakhir diubah: | 15 Jul 2015 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11223 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |