Huda Tiyas Abror, 1113023067 (2015) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. MENGESAHKAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf Download (3551Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (1676Kb) | Preview |
|
|
File PDF
21. DAFTAR ISI.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. BAB I.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. BAB II.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. BAB III.pdf Download (358Kb) | Preview |
|
File PDF
9. BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (220Kb) |
||
|
File PDF
20. BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
22. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Siswa sering dihadapkan pada konsep pembelajaran kimia yang abstrak dan cen- derung dihadapkan pada penyelesaian masalah secara matematis. Untuk mengata-si masalah yang sering dialami para siswa tersebut, maka peneliti melakukan pengembangan e-book interaktif pada materi termokimia berbasis representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-book interaktif, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian diawali dengan melakukan anailisis kebutuhan di beberapa SMA di kota Metro untuk mengetahui kebutuhan akan pengembangan e-book interaktif. Selanjutnya peneliti melakukan pengembangan produk berupa e-book interaktif. Produk yang dihasilkan peneliti kemudian divalidasi oleh validator untuk menge-tahui kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruksi dan keterbacaan dari e-book interaktif yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap e-book interaktif yang dikembangkan. E-book interaktif berisi video, gambar-gambar dan soal evaluasi interaktif yang disajikan dalam ketiga level representasi kimia secara bersamaan. Berdasarkan validasi pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, kostruksi dan keterbacaan memiliki persentase 86%, 100% dan 97,33% secara berurutan dengan kriteria sangat baik. Untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-book interaktif, dilaku-kanlah uji coba terbatas. Berdasarkan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang, diperoleh kesimpulan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan layak diguna-kan sebagai sumber belajar dengan persentase 94% pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, 92% pada aspek grafika dan 89,08% pada aspek keterbacaan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 3465478 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Jul 2015 04:07 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2015 04:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11274 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |