PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA

Huda Tiyas Abror, 1113023067 (2015) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. MENGESAHKAN.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. MENYETUJUI.pdf

Download (3551Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
21. DAFTAR ISI.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220Kb)
[img]
Preview
Text
20. BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
22. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113Kb) | Preview

Abstrak

Siswa sering dihadapkan pada konsep pembelajaran kimia yang abstrak dan cen- derung dihadapkan pada penyelesaian masalah secara matematis. Untuk mengata-si masalah yang sering dialami para siswa tersebut, maka peneliti melakukan pengembangan e-book interaktif pada materi termokimia berbasis representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-book interaktif, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian diawali dengan melakukan anailisis kebutuhan di beberapa SMA di kota Metro untuk mengetahui kebutuhan akan pengembangan e-book interaktif. Selanjutnya peneliti melakukan pengembangan produk berupa e-book interaktif. Produk yang dihasilkan peneliti kemudian divalidasi oleh validator untuk menge-tahui kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruksi dan keterbacaan dari e-book interaktif yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap e-book interaktif yang dikembangkan. E-book interaktif berisi video, gambar-gambar dan soal evaluasi interaktif yang disajikan dalam ketiga level representasi kimia secara bersamaan. Berdasarkan validasi pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, kostruksi dan keterbacaan memiliki persentase 86%, 100% dan 97,33% secara berurutan dengan kriteria sangat baik. Untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-book interaktif, dilaku-kanlah uji coba terbatas. Berdasarkan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang, diperoleh kesimpulan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan layak diguna-kan sebagai sumber belajar dengan persentase 94% pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, 92% pada aspek grafika dan 89,08% pada aspek keterbacaan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 3465478 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:07
Last Modified: 24 Jul 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item