Yuli Novita Sari, 1113052046 (2015) PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (236Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SAN WACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (404Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (616Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah komunikasi interpersonal rendah. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah terjadi peningkatan komunikasi interpersonal dengan menggunakan teknik assertive training pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalianda Tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan komunikasi interpersonal siswa dengan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, terdiri dari 12 siswa kelompok eksperimen dan 12 siswa kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dari peningkatan komunikasi interpersonal kelompok eksperimen sebesar 26% dan hasil analisis data dengan menggunakan independent sample t-test, berdasarkan gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t output > t tabel (16,23 > 2,074) maka, H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik assertive training. Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelompok eksperimen setelah pemberian teknik assertive training dibandingkan pada siswa kelompok kontrol tanpa pemberian teknik assertive training. Saran yang diberikan adalah (1) Siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, bisa meningkatkan komunikasi interpersonalnya dengan mengikuti kegiatan bimbingan dengan assertive training. (2) Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya dapat menjadikan kegiatan assertive training sebagai salah satu program unggulan dalam program bimbingan konseling di sekolah. Kata kunci : assertive training, bimbingan konseling, komunikasi interpersonal.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 5206301 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:19 |
Terakhir diubah: | 29 Jul 2015 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11360 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |