PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yuli Novita Sari, 1113052046 (2015) PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (236Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SAN WACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (295Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (404Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (616Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah komunikasi interpersonal rendah. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah terjadi peningkatan komunikasi interpersonal dengan menggunakan teknik assertive training pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalianda Tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan komunikasi interpersonal siswa dengan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, terdiri dari 12 siswa kelompok eksperimen dan 12 siswa kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dari peningkatan komunikasi interpersonal kelompok eksperimen sebesar 26% dan hasil analisis data dengan menggunakan independent sample t-test, berdasarkan gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t output > t tabel (16,23 > 2,074) maka, H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik assertive training. Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelompok eksperimen setelah pemberian teknik assertive training dibandingkan pada siswa kelompok kontrol tanpa pemberian teknik assertive training. Saran yang diberikan adalah (1) Siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, bisa meningkatkan komunikasi interpersonalnya dengan mengikuti kegiatan bimbingan dengan assertive training. (2) Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya dapat menjadikan kegiatan assertive training sebagai salah satu program unggulan dalam program bimbingan konseling di sekolah. Kata kunci : assertive training, bimbingan konseling, komunikasi interpersonal.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 5206301 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:19
Terakhir diubah: 29 Jul 2015 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir