PENGARUH APLIKASI FLY ASH BENTUK PELET PEREKAT YANG DIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH

0615021062, DIMAS RILHAM PURWANTA (2012) PENGARUH APLIKASI FLY ASH BENTUK PELET PEREKAT YANG DIAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I .pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III .pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (159Kb)
[img]
Preview
File PDF
cover dimas.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN PENULIS.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TA COVER DALAM.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TA COVER FINISH.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemajuan teknologi telah membuat manusia melakukan pengembangan terhadap kemampuan dari sebuah mesin yang masih menggunakan bahan bakar fosil sebagai bahan bakar favorit dimana cadangan minyak mulai menyusut dari tahun ke tahun. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menggunakan fly ash pelet perekat aktivasi fisik untuk bisa dilihat efek dari penghematan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor bensin 4-langkah. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa variasi pengujian diantaranya adalah pengujian berjalan (road test, stasioner dan akselerasi) dan pengujian emisi. Pengujian road test dilakukan dengan menempuh jarak 5 km yang berjalan secara konstan dengan besar kecepatan rata-rata 50 km/jam. Sedangkan pengujian akselerasi kecepatan 0-80 km/jam (dengan perpindahan gigi) kecepatan 40-80 km/jam (tanpa perpindahan gigi). Untuk pengujian stasioner dilakukan pada putaran 3500 rpm dan 5000 rpm menggunakan fly ash pelet dan tanpa fly ash pelet serta pelet arang sebagai pembanding. Untuk pengujian emisi dibagi menjadi dua bagian yaitu menggunakan fly ash dan tanpa fly ash. Fly ash yang digunakan dalam penelitian ini merupakan fly ash pelet aktivasi fisik dengan variasi ukuran massa (35 gr, 45 gr, dan 55 gr). Fly ash pelet tersebut dikemas dalam suatu frame dan diletakkan di dalam saringan udara (filter) kendaraan uji sepeda motor Jupiter Z 110 cc. Dalam penelitian ini, terbukti fly ash mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga sebesar 22,34% pada pengujian road test dengan jarak tempuh 5 km. Pada pengujian stasioner 3500 rpm terjadi penghematan konsumsi bahan bakar terbesar dengan ukuran 55 gram sebesar 32,66% dan 5000 rpm terjadi penghematan konsumsi bahan bakar terbesar dengan ukuran 45 gram sebesar 19,56%. Sedangkan pada pengujian akselerasi 0-80 km/jam mampu mempercepat waktu tempuh sebesar 20,44% dan akselerasi 40-80 km/jam mampu mempercepat waktu 27,14%. Untuk pengujian emisi, penggunaan fly ash mampu menurunkan konsentrasi gas CO hingga 86,23 % pada putaran 1500 rpm dan pada rpm 3500 penurunan konsentrasi gas CO sebesar 12,99 %. Sementara itu, penurunan gas HC diperoleh hingga 12,35 % untuk putaran 1500 rpm dan pada rpm 3500 penurunan konsentrasi gas HC sebesar 40,89 %. Kenaikan konsentrasi gas CO sebesar 25 % pada putaran 1500 rpm dan pada rpm 3500 kenaikan konsentrasi gas CO sebesar 10,63 %.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 30 Jul 2015 08:43
Terakhir diubah: 30 Jul 2015 08:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir